Sumber: Media Indonesia.com
Sabtu, 28 November 2009 13:26 WIB

BATAM–MI: Anggota Komisi X DPR Herlini Amran menagih janji Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk menyejahterakan guru, pada perayaan Hari Guru 2008.

“Pemerintah dan Mendiknas Mohammad Nuh harus punya keseriusan untuk merealisasikan janji yang pernah disampaikan Presiden SBY,” kata Herlini di Batam, Sabtu (28/11).

Ia mengatakan janji Presiden pada peringatan Hari Guru 2008 di Pekanbaru harus dipenuhi. Di hadapan 15 ribu guru di Pekanbaru, Riau, dalam rangka peringatan Hari Guru 2008, Presiden menyampaikan “Pendidikan jadi prioritas. Saya dan menteri akan meningkatkan pendidikan dan kesejahteraan guru. Ini adalah komitmen dan tanggung jawab negara menaikkan kesejahteraan”.

Sementara itu, Herlini mengatakan guru merupakan ujung tombak lembaga pendidikan. Baik tidaknya kualitas pendidikan sebagian besar tergantung pada guru, sehingga guru memiliki beban berat.

“Karena itu , merupakan satu hal yang wajar jika kesejahteraan guru harus diperhatikan,” kata Herlini.

Ia menyatakan pemerintah harus berusaha meningkatkan pendidikan, agar manusia dan bangsa Indonesia lebih bermartabat, unggul dan berdaya saing.

Menurut dia, semboyan “Guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa” sudah tidak relevan dan tidak realistis. “Kita butuh guru yang lebih profesional sehingga akan menghasilkan lulusan berkualitas,”katanya.

Tapi, kata dia menambahkan, jangan menuntut profesionalisme guru jika kesejahteraan mereka terabaikan, sehingga terpaksa mencari pekerjaan tambahan.

Kepada guru, anggota DPR daerah pemilihan Provinsi Kepulauan Riau itu mengatakan mereka harus meningkatkan kualitas diri dan kemampuan dengan berbagai keterampilan dan spesifikasi. “Dengan meningkatkan kualitas diri maka kualitas pembelajaran juga naik,” kata dia.

Ia juga meminta guru melakukan proses belajar mengajar dengan cinta. Guru, kata dia, menjadi panutan dalam pembentukan moral dan akhlak anak didik, serta menjadi motivator dengan melakukan dorongan empati (empathic encouragement) dalam proses belajar mengajar. (Ant/OL-02)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here