03 Oct 2010

* Politik
* Rakyat Merdeka

7 Oktober Anak Indonesia Punya Bos Baru

Jakarta, RM. 18 calon anggota Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) akan d-fir and proper test pada 4 hingga 6 Oktober 2010. Komisf VIII DPR memastikan akan mempi-lih calon yang berkualitas. Calon akan disaririgmenjadi sembilan sebelum ditentukan calon terpilih.

Wakil Ketua Komisi VIII DPR dari Fraksi Partai Demokrat, Gondo Radityo Gambiro mengatakan, untuk menjadi anggota KPAI, DPR telah menetapkan kriteria baku yang akan diujikan dalam/?/ and proper test.

“Seorang calon harus memiliki visi dan misi, pengalaman, program kerja, dan kemampuan tentang perlindungan anak,” tegasnya.

Selain pengalaman, lanjut Radityo, calon harus memenuhi kriteria standart yang telah ditetapkan pimpinan Komisi VIII. “Untuk pendalaman ten–tang kemampuan dan kapabilitas calon akan kita lihat pada saat fit and proper test,” ucapnya.

Sementara, itu. Anggota Komisi VIII DPR dari Fraksi PKS, Herlini Amran mengatakan, dari 18 calon komisioner KPAI, pihaknya akan menetapkan sembilan orang terpilih. Pemilihan itu nantinya dilakukan berdasarkan kriteria yang sudah disepakati dewan.

“Insya Afiah kami akan memilih orang yang tepat yang mampu membawa KPAI menjadi lebih baik dari yang sekarang,” katanya kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Menurut Herlini, uji kelaya- kan dilakukan selama dua hari. Soalnya, jumlah calon cukup banyak sehingga membutuhkan waktu lama untuk mengujinya.

“Tanggal 7 Oktober mudah-mudahan KPAI sudah bisa memiliki komisioner baru,” cetusnya.

Terkait dengan adanya penolakan beberapa Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) terhadap nama-nama yang diajukan ke DPR, Herlini menilai, seharusnya hal itu disampaikan langsung ke Komisi VIII.

“Sebelumnya kan kami sudah memberikan waktu dua minggu untuk masyarakat yang ingin memberikan masukan terhadap ke-18 nama yang dinyatakan lolos oleh panitia seleksi. Tapi, tidak ada yang datang ke kami memberikan masukan itu,” ujarnya.

Meski demikian, Herlini berharap publik bisa menaruh kepercayaan kepada dewan dalam fit and proper test nanti. “Kami pasti akan berusaha untuk memilih yang terbaik,” tandasnya.

Radityo membeberkan ke-18 orang yang akan menjalani fit and proper test untuk menjadi ketua KPAI. Yaitu. Hadi Supeno dan Iswandi Mourbas (mewakili unsur pemerintah), M Asroun Niam Sholeh dan M Ihsan (unsur tokoh agama), Badriyah Fayumi dan Andi Julia Rifiana (unsur tokoh masyarakat), Apong Herlina dan Setiadi Agus Anggrahito (unsur organisasi sosial).

Ditambah lagi Sri Hermayati dan Maris Ulfah Anshor (unsur organisasi, kemasyarakatan), Niko Sudbjo dan Amisah Vonna (unsurprofesi), MariaAdvianti dan Ferry Devi Johanes (unsur LSM), Latifah Iskandar dan Pramu Risanto (unsur dunia usaha) serta Abdul Ghofur da Huala Siregar dari unsur masyarakat peduli anak. rn

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here