Ezra Sihite
Petugas kesehatan haji diusulkan ditambah
ANTARA
Ilustrasi pelaksanaan ibadah haji.
Petugas kesehatan jamaah haji mengutamakan beribadah daripada melaksanakan tugasnya.
Kinerja petugas kesehatan bagi jamaah haji dipertanyakan kalangan parlemen karena dari hasil pengawasan yang dilakukan anggota DPR ada jamaah haji yang sakit tetapi tidak mendapatkan perawatan bahkan hingga meninggal dunia.
 
“Harus dipastikan petugas [kesehatan] yang diberangkatkan itu benar-benar memprioritaskan jamaah.  Saat [DPR melakukan] pengawasan haji, ada jamaah yang meninggal tanpa ada dokter dan perawat karena katanya sedang dibadah,” kata anggota Komisi VIII, Herlini Amran hari ini dalam rapat Komisi VIII dengan Menteri Kesehatan terkait pelaksaan pelayanan kesehatan ibadah haji di gedung DPR.
 
Padahal menurut politikus PKS tersebut, petugas kesehatan baik dokter maupun merawat harus mengutamakan pelayanan kesehatan bagi para jemaah.
 
Anggota Komisi VIII yang lain Yetti Hariyati menambahkan para dokter dan perawat yang ditugaskan ke Mekkah dan Madinah seharusnya orang-orang yang sudah pernah menunaikan ibadah haji.
 
Dengan demikian, kata dia,  mereka yang menjadi petugas kesehatan itu tidak lagi menjadikan tugasnya sebagai sambilan karena melakukan ibadah.
 
 “Petugas yang ditugaskan justru yang harusnya  pernah menjalankan ibadah haji sehingga mereka bisa fokus dan enggak disibukkan dengan ibadah haji,” kata Yetti.
 
Yetti juga menilai perbandingan dokter dan perawat dengan jemaah belum ideal sehingga perlu ada penambahan jumlah petugas.
 
“ Saat ini satu dokter harus  melayani sekitar 447 orang sebaiknya satu dokter untuk seratus orang,” lanjut dia.
 
Menteri Kesehatan, Endang Rahayu Sedyaningsih menyatakan, pihaknya akan menerjunkan petugas kesehatan yang sudah siap mengawal jamaah haji.
 
Tahun ini kata dia akan disiapkan 306 tenaga kesehatan, dengan rincian satu kelompok terbang terdiri dari satu dokter dan dua perawat.
 
Menurut Menteri Endang, selama ini penyakit yang paling banyak menyebabkan kematian para jemaah haji adalah penyakut jantung, penyakit saluran pernafasan dan penyakut paru-paru.

http://www.beritasatu.com/articles/read/2011/6/3913/petugas-kesehatan-haji-diusulkan-ditambah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here